Temulawak - Obat Herbal Ampuh Untuk Berbagai Penyakit

obat berbagai penyakit

Temulawak adalah jenis tanaman temu-temuan seperti kunyit dan jahe. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Curcuma Xanthorhizal ini merupakan tanaman asli Indonesia dan telah menjadi ikon obat tradisional untuk jamu. Bagian yang digunakan untuk pembuatan obat adalah bagian umbinya atau rimpangnya. 

Beberapa Khasiat Temulawak antara lain :

  1. Mencegah Reumatik dan Asam Urat, Temulawak mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai anti peradangan alami sehingga temulawak dapat membantu mengatasi gejala peradangan sendi atau reumatik dan mencegah serangan asam urat. Jika Anda terkena reumatik, konsumsi jamu temulawak juga dapat membantu mengurangi reumatik.
  2. Menghilangkan Rasa Nyeri Saat Menstruasi, Temulawak memiliki khasiat sebagai penawar rasa sakit alami sehingga jika Anda minum jamu temulawak secara teratur, rasa nyeri saat menstruasi pun tidak akan terasa lagi. 
  3. Memelihara Fungsi Hati,Temulawak mengandung zat yang disebut kalagoga yang berfungsi meningkatkan produksi empedu dan merangsang tubuh mengosongkan kantung empedu. Temulawak bekerja dengan mengurangi kinerja enzim GOT (Glutamate Oksaloasetat Transaminase) dan menurunkan kinerja enzim GPT (Glutamate Piruvat Transaminase) baik secara klinik maupun secara pra klinik. Berdasarkan hasil uji klinis, dosis yang digunakan untuk mendapatkan manfaat menurunkan SGOT dan SGPT yakni sekitar 15-30 mg kurkumin.
  4. Memperbaiki Fungsi Pencernaan, Serbuk rimpang temulawak dapat meningkatkan aktivitas di dalam cairan lambung sehingga dapat membantu proses metabolisme dan menurunkan kontraksi yang terjadi di usus halus. Untuk mendapatkan manfaat ini, ambil dua gram rimpang temulawak kering. Panaskan rimpang dengan air mendidih selama 15 menit. Setelah itu, saring airnya dan minum 3 kali sehari.
  5. Menambah nafsu makan, temulawak mengandung minyak atsiri yang bersifat karminativum untuk meningkatkan nafsu makan. Caranya ambil 25 gram temulawak, gula merah, dan 10 gram asam jawa. Rebus ketiga bahan ini dengan 600 cc air sampai hanya tersisa separuhnya. Setelah itu saring airnya dan minum.
  6. Menurunkan Lemak Dalam Darah, temulawak mampu menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). 
  7. Mengatasi Radikal Bebas, Kandungan kurkumin dapat membantu tubuh menangkap radikal bebas oksigen dan radikal hidroksil sehingga menjaga kesehatan tubuh. 
  8. Mengatasi Jerawat, Cara mengatasi jerawat dengan temulawak cukup mudah. Ambil 1 jari rimpang temulawak yang sudah dicuci. Potong-potong rimpang tersebut dan rebus dalam empat gelas hingga tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan tambahkan madu. Minum ramuan ini 2 kali sehari secara teratur.
  9. Menyembuhkan Wasir, Wasir disebabkan karena luka pada usus besar sehingga menyebabkan terjadinya pembuluh darah di area sekitar usus besar. Saat mengejan, darah tertahan sehingga menimbulkan pembengkakan pembuluh darah. Temulawak dapat melancarkan peredaran darah, memperbaiki fungsi usus besar, dan membersihkan lambung. 
  10. Mencegah Stroke dan Serangan Jantung, Khasiat temulawak yang lainnya adalah mengencerkan darah di dalam pembuluh darah sehingga dapat mencegah stroke atau penyakit jantung. Penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit yang disebabkan karena darah menggumpal di dalam tubuh sehingga sulit mengalir dan beredar di dalam tubuh. 












Selain dimanfaatkan sebagai jamu dan obat, temu lawak juga dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat dengan mengambil patinya, kemudian diolah menjadi bubur makanan untuk bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan. Di sisi lain, temu lawak juga mengandung senyawa beracun yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk, karena tumbuhan tersebut menghasilkan minyak atsiri yang mengandung lineloolgeraniol yaitu golongan fenol yang mempunyai daya repellan nyamuk Aedes aegypti (penyebab sakit demam berdarah dan chikungunya).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Temulawak - Obat Herbal Ampuh Untuk Berbagai Penyakit"

Posting Komentar

silakan berkomentar. No SARA. jangan memasang link hidup di dalam isi komentar atau akan dihapus.