Sejarah Perkembangan Mobil Honda Civic
Civic Wonder 2 Pintu
|
Generasi pertama (1973-1979)
Generasi pertama Honda Civic
diluncurkan 1972 dan mulai dijual tahun 1973. Bermodalkan mesin 1.2L 4
segaris, mobil ini didesain untuk melawan mobil-mobil kompak Amerika
saat itu. Mobil ini sangat populer karena ada krisis minyak mentah tahun
1973 saat itu.
Versi
mesin CVCC diluncurkan 1975 dengan kapasitas 1.5L 53 hp. Mesin ini
mempunyai pembakaran yang lebih efisien tidak memerlukan catalic
converter dan bahan bakar bebas timbal untuk memenuhi kebutuhan
emisinya. Di negara bagian California, Amerika Serikat, hanya versi CVCC
saja yang dijual karena standar emisi yang tinggi.
Generasi kedua (1980-1983)
Generasi kedua Honda Civic
diperkenalkan pada tahun 1980. Bentuknya lebih besar dan lebih membulat dari
pendahulunya. Semua mesin Civic generasi kedua sudah menggunakan mesin
CVCC dengan penambahan katup ketiga pada tiap silindernya. Menggunakan
mesin 1335 cc bertenaga 55 hp (41 kW) dan mesin 1500 cc bertenaga 67 hp
(50 kW). Ditawarkan tiga macam transmisi yaitu transmisi manual 4
kecepatan dan 5 kecepatan, serta 1 transmisi semi otomatis.
Generasi ketiga (1984-1987)
Generasi
ketiga diluncurkan 1984. Menggunakan mesin 4 silinder seri D 1500 cc
dengan CVCC. Di Jepang tahun 1984 diluncurkan pula Honda Civic Si
dengan mesin yang lebih bertenaga, juga perbaikan pada suspensi dan
mesin 1.6L DOHC bertenaga 130 ps. Versi 4WD juga tersedia saat itu.
Generasi keempat (1988-1991)
untuk
tahun 1988 Civic didesain ulang dengan peningkatan dimensi dan garis
kap mesin yang lebih rendah. Berbagai macam model dan trim level yang
ditawarkan untuk berbagai pasar di seluruh dunia. Yang paling menonjol
yang meliputi Pasar jepang Sir, Eropa VTI (baik menampilkan baru B16A
mesin VTEC DOHC), Inggris / Eropa 1.6i-16 (DOHC D16A9 mesin) dan
Selandia Baru pasar GTi (menampilkan interior kulit penuh dan versi
disetel dari mesin D16A7 sukses SOHC). Semua model US berfitur injeksi
bahan bakar elektronik, tetapi model berkarburator masih tersedia di
tempat lain. Generasi keempat melihat pengenalan suspensi belakang
sepenuhnya independen di berbagai model keseluruhan. Selain itu, Honda
CRX terus menjadi bagian dari keluarga yang termasuk Civic HF, DX, dan
Si model di Amerika Serikat
Honda Civic Indonesia
- Generasi pertama dari Honda Civic disebut sebagai Honda Civic saja
- Generasi kedua disebut sebagai Honda Civic Excellent
- Generasi ketiga biasa disebut Honda Civic Wonder. Yang masuk ke Indonesia ada 2 model, sedan 4 pintu dan hatchback 2 pintu.
- Generasi keempat biasa disebut Honda Grand Civic. Ada Grand Civic LX untuk sedan 4 pintunya dan Honda Civic Nova untuk yang hatchback 2 pintunya.
- Generasi kelima biasa ada 2 nama yaitu Honda Civic Genio untuk sedan 4 pintu dan Honda Civic Estillo untuk hatchback 2 pintu nya.
- Generasi keenam yang dijual di Indonesia hanya yang sedan 4 pintu yaitu Honda Civic Ferio.
- Generasi ketujuh dan kedelapan juga hanya model sedan 4 pintu yang masuk Indonesia.
Civic Nova |
Civic Genio |
Civic Estilo |
0 Response to "Sejarah Perkembangan Mobil Honda Civic"
Posting Komentar
silakan berkomentar. No SARA. jangan memasang link hidup di dalam isi komentar atau akan dihapus.