Sejarah Perkembangan Mobil Camry
Toyota Camry merupakan mobil sedan kelas menengah atas yang pasar utamanya adalah Amerika dan Australia. Camry meraih Mobil Terlaris di AS dari
tahun 1997sampai 2000, dan 2002 sampai sekarang. Camry juga dijual di
Jepang, serta berbagai negara Asia, Timur Tengah, dan Amerika Latin.
Di Eropa, Camry tidak begitu laku, dan sekarang tidak dipasarkan lagi.
Pada mulanya Camry berawal dari Celica Camry yang merupakan versi mahal dari Toyota Carina. Mobil ini hanya dijual di Jepang dari tahun 1980 sampai 1982.
Pada mulanya Camry berawal dari Celica Camry yang merupakan versi mahal dari Toyota Carina. Mobil ini hanya dijual di Jepang dari tahun 1980 sampai 1982.
Generasi pertama (1982-1986)
Pertama
kali diperkenalkan tahun 1982 dan ditempatkan posisinya di atas Toyota
Corona.Camry dibuat dalam bentuk Sedan 4 pintu, dan Liftback 5 pintu.
Mesin Camry adalah 1.8L dan 2.0L (68 kW (91 hp)) bensin, serta 2.0L (55
kW (74 hp)) diesel. Di Amerika, Camry ditawarkan dalam trim level
Standard dan LE.
generasi pertama camry |
Generasi kedua (1987-1991)
Liftback dihentikan produksinya, dan digantikan oleh Station Wagon. Model Sedan memiliki jendela opera window di pilar-C. Camry bermesin 4 silinder 3S-FE 2000 cc. Camry bermesin 2500 cc V6 baru untuk model tahun 1988. Variant-nya adalah Standard, DX, dan LE. Camry All-trac berpenggerak 4WD dengan trim level DX dan LE terjual dalam jumlah yang sedikit.
Camry generasi kedua |
Generasi ketiga (1990-1996)
Camry
baru keluar di Jepang pada tahun1990, sedangkan Camry untuk pasar
internasional yang lebih lebar untuk model tahun 1992. Camry Jepang
bermesin 1800 cc 4S, 2000 cc 3S, atau 2500 cc V6.
Sedangkan
Camry international bermesin 2200 cc 5S-FE, atau 3000 cc V6 1VZ-FE yang
kemudian digantikan oleh 1MZ-FE. Untuk pasar Amerika, Camry hadir dalam
variant DX, LE, LE V6, SE V6, XLE, dan XLE V6. Model yang paling laku
adalah LE. Model SE yang sporty dilengkapi spoiler belakang, jok depan
bucket, dan velg alloy yang berbeda dengan model XLE populasinya tidak
banyak. Model SE yang menggunakan transmisi manual hanya dibuat pada
tahun 1992-1993 lebih jarang lagi.
Camry facelift
untuk model tahun 1995 memiliki bumper depan, grille, dan lampu belakang
yang berbeda, serta garnish belakang sewarna body.
Di Jepang, Camry berbody lebar disebut Scepter. Pada tahun 1994 diluncurkanCamry Coupe 2 pintu, model ini diexport ke Jepang sebagai Scepter Coupe.
Generasi keempat khusus Jepang (1994-1997)
Toyota
Camry berbentuk kotak dengan platform V40 ini hanya dijual di pasar
domestik Jepang, karena untuk pasar international, Toyota menjual Camry
generasi ketiga yang berbody lebar yang sangat laris di Amerika Serikat
dan Australia.
Ini
adalah generasi terakhir Camry berbody sempit yang serupa dengan Vista.
Selanjutnya Vista adalah model khusus untuk pasar Jepang yang berbody
lebih sempit tetapi lebih tinggi.
Generasi keempat International (1997-2002)
Mulai generasi ini Camry Jepang sama dengan Camry international yang berbody lebar. Di Jepang disebut Camry Gracia dengan mesin 2200 cc 4 silinder dan 2500 cc V6. Model 4WD bermesin 2200 cc diberi kode SXV25.
Untuk
pasar international, Camry bermesin 5S-FE 2200 cc 4 silinder dan 1MZ-FE
3000 cc V6. Di Amerika, Camry tersedia dalam versi CE, LE, dan XLE.
Berbasis LE, Camry Collector Edition dipasarkan untuk model tahun 2001.
Camry di Australia dipasarkan dalam banyak type mulai dari CSi yang murah, CSX kelas menengah, Touring yang sporty, sampai Vienta yang mewah. Vienta kemudian digantikan oleh Azura. Model Station Wagon juga dijual.
Generasi kelima (2002-2006)
camry amerika |
Camry Indonesia |
Camry generasi ini lebih besar dari
model sebelumnya. Mesin 4 silinder baru 2400 cc 2AZ-FE dengan VVT-i,
sedangkan mesin V6 tetap yang lama. Di Amerika, Camry kembali dengan
model CE, LE, and XLE, ditambah sporty SE kembali diproduksi. Di
Australia, Camry dipasarkan dalam model Altise, Ateva, Azura, dan model
sporty Sportivo. Camry di Indonesia, Taiwan, dan beberapa negara
Asia lain memiliki lampu depan dan grille yang lebih besar dari model di
Amerika, Jepang, Australia, dan Eropa. Ini adalah Camry terakhir di
Eropa.
Generasi keenam (2006-2011)
Camry
semakin besar dan mewah. Mesin 2400 cc tetap tersedia, ditambah dengan
mesin baru 2GR-FE 3500 cc V6 Dual VVT-i, serta mesin 2400 cc
dengan Hybrid. Di Australia Camry hanya dijual dengan mesin 2400 cc,
karena untuk segment mesin besar, 3500 cc, Toyota mulai memasarkan model
dengan nama baru yaitu Toyota Aurion, meskipun pada dasarnya adalah
Camry dengan panel body depan dan belakang yang berbeda.
Di beberapa
negara Asia seperti China, Malaysia, dan Indonesia, Aurion dipasarkan
dengan nama Camry. Untuk Indonesia, Camry tersedia dalam trim level 2.4
G, 2.4 V, dan 3.5 Q. Camry 3.5 Q merupakan model yang mewah dan hampir
sama dengan Aurion 3.5 Presara.
Camry Pasar Indonesia |
Amerika Serikat
tetap merupakan pasar terbesar untuk Camry, dimana tersedia Camry CE,
LE, SE, XLE, dan Hybrid. Camry Amerika dan juga yang dijual di Jepang
memiliki lampu depan dan grille yang lebih tipis serta lampu belakang
yang berbeda dari Camry Asia atau Aurion.
Untuk model
tahun 2010 Camry mendapat facelift dengan bumper, grille, dan lampu
depan baru. Mesin 2400 cc digantikan oleh mesin baru 2500 cc
Generasi ketujuh (2012-sekarang)
All New Camry 2012 |
Camry terbaru diperkenalkan di Amerika
Serikat pada akhir tahun 2011 untuk model tahun 2012. Di Indonesia,
Camry ini mulai dijual tahun 2012 dengan pilihan 2.5 G, 2.5 V, dan 2.5
Hybrid.
0 Response to "Sejarah Perkembangan Mobil Camry"
Posting Komentar
silakan berkomentar. No SARA. jangan memasang link hidup di dalam isi komentar atau akan dihapus.