Sejarah Perkembangan Mobil Honda Civic



Civic Wonder 2 Pintu
Honda Civic adalah mobil yang diproduksi oleh Honda Motor Co. Pertama kali diperkenalkan pada Juli 1972 sebagai coupe 2 pintu, diikuti dengan versi hatchback 3 pintu pada September tahun itu juga. Mobil ini menganut sistem gerak roda depan, di mana mesinnya diletakan melintang, sehingga dapat menyediakan ruang interior yang cukup luas walaupun dimensi mobil terbilang kecil.

Honda Civic Dari Tahun ke Tahun

Generasi pertama (1973-1979)


Generasi pertama Honda Civic diluncurkan 1972 dan mulai dijual tahun 1973. Bermodalkan mesin 1.2L 4 segaris, mobil ini didesain untuk melawan mobil-mobil kompak Amerika saat itu. Mobil ini sangat populer karena ada krisis minyak mentah tahun 1973 saat itu.
Versi mesin CVCC diluncurkan 1975 dengan kapasitas 1.5L 53 hp. Mesin ini mempunyai pembakaran yang lebih efisien tidak memerlukan catalic converter dan bahan bakar bebas timbal untuk memenuhi kebutuhan emisinya. Di negara bagian California, Amerika Serikat, hanya versi CVCC saja yang dijual karena standar emisi yang tinggi.

Generasi kedua (1980-1983)

Generasi kedua Honda Civic diperkenalkan pada tahun 1980. Bentuknya lebih besar dan lebih membulat dari pendahulunya. Semua mesin Civic generasi kedua sudah menggunakan mesin CVCC dengan penambahan katup ketiga pada tiap silindernya. Menggunakan mesin 1335 cc bertenaga 55 hp (41 kW) dan mesin 1500 cc bertenaga 67 hp (50 kW). Ditawarkan tiga macam transmisi yaitu transmisi manual 4 kecepatan dan 5 kecepatan, serta 1 transmisi semi otomatis.

Generasi ketiga (1984-1987)
Honda Civic generasi ketiga untuk spek Eropa

Generasi ketiga diluncurkan 1984. Menggunakan mesin 4 silinder seri D 1500 cc dengan CVCC. Di Jepang tahun 1984 diluncurkan pula Honda Civic Si dengan mesin yang lebih bertenaga, juga perbaikan pada suspensi dan mesin 1.6L DOHC bertenaga 130 ps. Versi 4WD juga tersedia saat itu.

Generasi keempat (1988-1991)
untuk tahun 1988 Civic didesain ulang dengan peningkatan dimensi dan garis kap mesin yang lebih rendah. Berbagai macam model dan trim level yang ditawarkan untuk berbagai pasar di seluruh dunia. Yang paling menonjol yang meliputi Pasar jepang Sir, Eropa VTI (baik menampilkan baru B16A mesin VTEC DOHC), Inggris / Eropa 1.6i-16 (DOHC D16A9 mesin) dan Selandia Baru pasar GTi (menampilkan interior kulit penuh dan versi disetel dari mesin D16A7 sukses SOHC). Semua model US berfitur injeksi bahan bakar elektronik, tetapi model berkarburator masih tersedia di tempat lain. Generasi keempat melihat pengenalan suspensi belakang sepenuhnya independen di berbagai model keseluruhan. Selain itu, Honda CRX terus menjadi bagian dari keluarga yang termasuk Civic HF, DX, dan Si model di Amerika Serikat

Honda Civic Indonesia
  • Generasi pertama dari Honda Civic disebut sebagai Honda Civic saja
  • Generasi kedua disebut sebagai Honda Civic Excellent
  • Generasi ketiga biasa disebut Honda Civic Wonder. Yang masuk ke Indonesia ada 2 model, sedan 4 pintu dan hatchback 2 pintu.
  • Generasi keempat biasa disebut Honda Grand Civic. Ada Grand Civic LX untuk sedan 4 pintunya dan Honda Civic Nova untuk yang hatchback 2 pintunya.
  • Generasi kelima biasa ada 2 nama yaitu Honda Civic Genio untuk sedan 4 pintu dan Honda Civic Estillo untuk hatchback 2 pintu nya.
  • Generasi keenam yang dijual di Indonesia hanya yang sedan 4 pintu yaitu Honda Civic Ferio.
  • Generasi ketujuh dan kedelapan juga hanya model sedan 4 pintu yang masuk Indonesia.



Civic Nova
Civic Genio






Civic Estilo
Civic Ferio



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Perkembangan Mobil Honda Civic"

Posting Komentar

silakan berkomentar. No SARA. jangan memasang link hidup di dalam isi komentar atau akan dihapus.