Sejarah Berdirinya Candi Borobudur

Siapa yang tidak kenal Candi Borobudur, yang merupakan candi terbesar di Indonesia sebagai warisan sejarah bangsa. Semua anak sekolah pasti tahu lewat buku pelajaran atau bahkan pernah mengunjunginya. bahkan saat ini Candi Borobudur masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia.



Lokasi Candi Borobudur
Candi Borobudur terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah,  kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

Sejarah Candi Borobudur
Penamaan Borobudur pertama kali ditulis dalam buku "Sejarah Pulau Jawa" karya Sir Thomas Raffles. Nama Bore-Budur, yang kemudian ditulis BoroBudur, kemungkinan ditulis Raffles dalam tata bahasa Inggris untuk menyebut desa terdekat dengan candi itu yaitu desa Bore (Boro); Raffles juga menduga bahwa istilah 'Budur' mungkin berkaitan dengan istilah Buda dalam bahasa Jawa yang berarti "purba"– maka bermakna, "Boro purba".

Candi Borobudur dibangun oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha.

Candi Borobudur ini dibuat sebagai model alam semesta yang dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha. Berdasarkan bukti-bukti sejarah, Borobudur ditinggalkan pada abad ke-14. Ditemukan pada tahun 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang menjabat sebagai Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa. .

Ahli Sejarah J.G. de Casparis dalam disertasi doktor pada tahun 1950 berpendapat bahwa Borobudur adalah tempat pemujaan yang didirikan oleh Raja Mataram dari wangsa Syailendra bernama Samaratungga, yang melakukan pembangunan sekitar tahun 824 M. Bangunan raksasa itu baru dapat diselesaikan pada masa putrinya, Ratu Pramudawardhani. Pembangunan Borobudur diperkirakan memakan waktu setengah abad. Casparis memperkirakan bahwa Bhūmi Sambhāra Bhudhāra dalam bahasa Sanskerta yang berarti "Bukit himpunan kebajikan sepuluh tingkatan boddhisattwa", adalah nama asli Borobudur.

Menurut legenda masyarakat setempat perancang Borobudur bernama Gunadharma, sedikit yang diketahui tentang arsitek misterius ini. Namanya lebih berdasarkan dongeng dan legenda Jawa dan bukan berdasarkan prasasti bersejarah. Legenda Gunadharma terkait dengan cerita rakyat mengenai perbukitan Menoreh yang bentuknya menyerupai tubuh orang berbaring. Dongeng lokal ini menceritakan bahwa tubuh Gunadharma yang berbaring berubah menjadi jajaran perbukitan Menoreh, tentu saja legenda ini hanya fiksi dan dongeng belaka.

Tahapan Pembangunan Borobudur
Arkeolog menduga bahwa rancangan awal Borobudur adalah stupa tunggal besar yang memahkotai puncaknya. Diduga massa stupa raksasa yang luar biasa besar dan berat ini membahayakan tubuh dan kaki candi sehingga arsitek perancang Borobudur memutuskan untuk membongkar stupa raksasa ini dan diganti menjadi tiga barisan stupa kecil dan satu stupa induk seperti sekarang. Berikut ini adalah perkiraan tahapan pembangunan candi Borobudur:

Tahap pertama: Masa pembangunan candi Borobudur diperkirakan kurun antara tahun 750 dan 850 M. Dibangun di atas bukit alami, bagian atas bukit diratakan dan pelataran datar diperluas. Borobudur tidak seluruhnya terbuat dari batu andesit, bagian bukit tanah dipadatkan dan ditutup struktur batu sehingga menyerupai cangkang yang membungkus bukit tanah. Sisa bagian bukit ditutup struktur batu lapis demi lapis. Pada awalnya dibangun tata susun bertingkat. Awalnya seperti dirancang sebagai piramida berundak, tetapi kemudian diubah. Sebagai bukti ada tata susun yang dibongkar. Dibangun tiga undakan pertama yang menutup struktur asli piramida berundak.

Tahap kedua: Penambahan dua undakan persegi, pagar langkan dan satu undak melingkar yang diatasnya langsung dibangun stupa tunggal yang besar.

Tahap ketiga: Ada perubahan rancang bangun, undak atas lingkaran dengan stupa tunggal induk besar dibongkar dan diganti tiga undak lingkaran. Stupa-stupa yang lebih kecil dibangun berbaris melingkar pada pelataran undak-undak ini dengan satu stupa induk yang besar di tengahnya. Oleh karena alasan tertentu pondasi diperlebar, dibangun kaki tambahan yang membungkus kaki asli.

Tahap keempat: Dilakukan perubahan kecil berupa penyempurnaan relief, penambahan pagar langkan terluar, perubahan tangga dan pelengkung atas gawang pintu, serta pelebaran kaki.

Kenapa Candi Borobudur Ditinggalkan
Candi Borobudur terlantar selama berabad-abad terkubur di bawah lapisan tanah yang ditumbuhi pohon dan semak belukar sehingga Borobudur menyerupai bukit. Alasan sesungguhnya penyebab Borobudur ditinggalkan hingga kini masih belum diketahui. Belum diketahui secara pasti sejak kapan bangunan suci ini tidak lagi menjadi tempat ziarah umat Buddha.

Pada kurun waktu antara 928 dan 1006, Raja Mpu Sindok memindahkan ibu kota kerajaan Medang ke kawasan Jawa Timur setelah serangkaian letusan gunung berapi; tidak dapat dipastikan apakah faktor inilah yang menyebabkan Borobudur ditinggalkan, akan tetapi beberapa sumber menduga bahwa sangat mungkin Borobudur mulai ditinggalkan pada periode ini.

Menurut Soekmono (1976) candi ini mulai benar-benar ditinggalkan sejak penduduk sekitar beralih keyakinan kepada Agama Islam pada abad ke-15.

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Sejarah Berdirinya Candi Borobudur"

  1. sanagt bermanfaat untuk tugas saya

    BalasHapus
  2. ada seorng ustaz mengatakan Borobudur ii sebenarnya adalah sebuah masjid disebabkan senibinanya yg ada unsur2 kearaban (maaf terlupa dr negara arab yg mana) yg telah diubah-suai oleh penjajahan belanda utk meutup kesan sejarah ISLAM yg telah lama betapak di Tanah Jawa.. utk menutpkan Kesan Masjid tu maka pihak PENJAJAH @ Belanda dan sekutu2nya telah meletakkan segala patung2 Buddha disetiap ceruk Masjid@ Candi Borobudur ini hingga menjadikannya seperti benar2 sebuah Candi tetapi bukannya Masjid.

    Ada beberapa orang anak muda ada melihat bearing Candi Borobudur ini... terbukti benar ia menghadap ke arah kiblat pertama umat Islam di Baitul muqaddis sebelum kiblat beralih ke Masjidil Haram.

    Seandai Info itu benar.... memang kita semua telah dipermain-mainkan oleh PENJAJAH.. ( tak kiralah BELANDA, INGGERIS, PORTUGIS & juga SEPANYOL) kerana mereka semua ini zahirnya seperti bermusuhan tetapi sebenarnya MEREKA BEKERJASAMA DI ANTARA SATU SAMA LAIN UTK MEMUSNAHKAN ISLAM DI NUSANTARA.. WALLAHHUALAM..

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat buat tugas sekolahku.. Thanks kaka :)

    BalasHapus
  4. sangat bermanfaat untuk tugas saya...terima kasih kk~ :DD

    BalasHapus
  5. cek dong di youtube...borobudur negeri saba'... la alahum yatafakkarun

    BalasHapus
  6. jdi gitu ya sejarah berdiri dan berkembangny borobudur itu sndri, ilmu yg bermanfaat.

    BalasHapus

silakan berkomentar. No SARA. jangan memasang link hidup di dalam isi komentar atau akan dihapus.